4 Rekomendasi Buku Cerita Anak Berbahasa Inggris Terfavorit

Standard

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillaah, akhirnya nulis lagi! 😍😍 Udah beberapa minggu ga nafsu nulis, karena ada beberapa draft tulisan penting yang terbengkalai dan harusnya diselesaikan, tapi entahlah sama sekali ga ada hasrat untuk ngelanjutin nulisnya. Tapi harusnya dilanjutin. Tapi ga pengen. Tapi harusnya kelar segera. Ahhh yasudahlah mari kita lupakan selamanya sejenak draft-draft terabaikan itu. #curcol

Anyway, thanks to #1minggu1cerita akhirnya saya nulis lagi, karena minggu ini minggu tema! Maklum saya anaknya agak kompetitif, jadi ga mau kalah sebisa mungkin harus nulis setiap minggu bertema. Kali ini temanya adalaaaaah: Buku.

Ngerasa ga sih, semenjak kehadiran Big Bad Wolf di Indonesia, ortu (yang memiliki anak kecil) jaman sekarang semakin haus beli buku anak impor, atau buku berbahasa Inggris keluaran penerbit non Indonesia. Wajar sih, karena buku-buku impor yang semakin banyak beredar di pasaran menyajikan konten yang sangat bervariatif, memiliki bahan berkualitas, juga mengenalkan kita dengan berbagai interaksi dan pengalaman baru dalam membaca buku (contohnya lift-the-flap books, pop up book, activity book etc). Di satu sisi, kedatangan buku-buku impor jenis baru ini membawa angin positif bagi buku-buku cerita anak Indonesia yang semakin hari pun juga semakin variatif dan inovatif dengan berbagai terobosan baru, berguru dari beragam buku impor yang ada.

Kami sendiri, karena sempat tinggal di Wellington, NZ sejak putri pertama kami Naisha berusia 14 bulan, mau tidak mau selama hampir 6 tahun bisa dikatakan 99 % terpapar buku-buku cerita anak berbahasa Inggris terbitan luar negeri. Apalagi di Wellington dengan mudahnya kami bisa mengoleksi buku bekas berkualitas dengan harga yang sangat murah bahkan gratis, asal pintar-pintar berburu di perpustakaan, bazaar sekolah hingga garage sale. Hasilnya, tidak kurang dari 300 buku anak berbahasa Inggris kami borong dari Wellington ke Indonesia saat back for good bulan Maret 2019 lalu.

Dari ratusan buku koleksi kami, tentulah ada beberapa buku yang menjadi favorit, tidak hanya anak-anak namun juga menjadi favorit saya. Sebagian dari buku favorit kami adalah buku cerita populer yang memiliki banyak serial cerita yang berpusat pada tokoh yang sama. Buku-buku ini umumnya memiliki gambar yang menarik dengan cerita sederhana namun dapat meninggalkan kesan yang kuat sehingga anak-anak tidak bosan-bosannya membaca buku-buku tersebut. Buku apa sajakah itu?

1. Serial Maisy

Sebagian koleksi Maisy kami

We love Maisy so much! Kami punya cukup banyak koleksi serial buku Maisy karya Lucy Cousins ini. Ilustrasi Maisy tidak bisa dibilang yang terbaik maupun bernilai artistik tinggi, caption nya pun tidak selalu berrima. Namun di situlah seninya. Gambar dan caption nya “cukup” untuk bisa engage dengan anak-anak pembacanya. Buku Maisy favorit kedua anak saya yang tentunya mereka hafal di luar kepala dan sudah jutaan kali saya bacakan kepada mereka adalah “Maisy’s Train“.

Buku bekas koleksi Wellington City Libraries

2. Serial Spot

Setali tiga uang dengan Maisy, Ilustrasi serial Spot karya juga tidak “wah” namun juga tidak kalah menarik. Ilustrasinya tergolong clean namun tidak meninggalkan ciri khas dan selera anak kecil pada umumnya. Pas sekali untuk anak-anak usia balita. Caption buku cerita serial Spot lebih banyak dari Maisy, namun begitu Spot tidak sedikit mengeluarkan buku non cerita, semisal buku ilustrasi kosakata yang tidak kalah seru untuk dikoleksi seperti di bawah ini.

3. Serial Miffy

Serial buku ilustrasi Miffy adalah karya seorang warga negara Belanda, yang aslinya ditulis dalam bahasa Belanda namun saking populernya diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Yang paling menonjol dari buku serial Miffy adalah kesederhanaannya, baik dari ilustrasi maupun caption. Saking sederhananya, sebagian orang mungkin melihat buku ini terlalu irit gambar dan kata-kata. Sebetulnya di situ lah istimewanya buku Miffy ini, yakni memperlihatkan kita bahwa suatu cerita tetap bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca walau dengan ilustrasi dan caption yang minim. Sayang sekali kami tidak banyak menemukan buku bekas serial Miffy untuk dikoleksi, namun begitu berbagai serial Miffy dapat dengan mudah ditemukan di semua perpustakaan di Wellington.

4. The Very Hungry Caterpillar

Siapa yang tidak kenal dengan buku ilustrasi anak terpopuler ini? Buku sejuta umat, yang pasti tersedia di semua PAUD di Wellington, dari playcentre, kindy hingga preschool. Karya fenomenal Eric Carle ini bukanlah jenis buku serial dengan tokoh berulang. Namun begitu, buku-buku Eric Carle lainnya dengan ilustrasi khasnya yang artistik tidak kalah menarik lho. Judul lain yang kami miliki di antaranya adalah “The Very Lonely Firefly” dan “The Very Busy Spider“.

Selain buku-buku yang disebut di atas tentu masih banyak lagi buku favorit anak-anak saya. Beberapa judul yang juga menjadi primadona di antaranya adalah “Who is Hiding in the Garden“, “Kitten Finds a Home“, dan “Marty and the Long Necked Giraffe“. Apakah kesamaan dari buku-buku tersebut? Ketiganya merupakan buku bertipe interaksi, baik itu lift-the-flap book maupun 3D pop up book yang menghadirkan user experience tersendiri. Dengan kata lain buku yang asik dan seru sekali untuk dibaca!

Nah, bagaimana dengan anak-anak Anda? Adakah buku berbahasa Inggris favorit mereka yang disebut di sini? Atau mungkin punya rekomendasi buku menarik lainnya? Ditunggu sharingnya ya.. 😊😊

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Advertisements

2 responses »

  1. Aah Miffy, juga jadi buku favorit anak2 mba. Kami punya yang versi Belandanya, Ninjtje bahasanya sederhana dan simple. Sampai boneka2nya anak2 juga suka.
    Thanks sudah sharing ya, jadi inspirasi buat ngeblog minggu ini, mau review buku anak juga hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s